Bingung Dengan Hijab, Jilbab, Kerudung Dan Khimar ?


Makin trendnya busana muslim di Indonesia diiringi dengan barbagai istilah baru yang benyak bermunculan menjadi kosakata yang sering digunakan yang terkadang membuat bingung dan belum paham betul artinya misal ketika ucapan terima kasih menjadi Jazakillah.
Begitu pula dengan penutup kepala wanita berbusana muslim. Jika dulu semua dinamakan kerudung dan baju muslim yang digunakan disebut Jilbab, maka saat ini kosakata itu makin banyak, ada Hijab yang nampak menjadi bahasa umum saat ini adapula Khimar.

Jadi apa persamaaan atau perbedaan dari Hijab, Jilbab, Khimar atau Kerudung ini ?

Hijab berasal dari bahasa Arab yang bisa diartikan penghalang atau pembatas. Jadi dalam busana muslim hijab ini diartikan sesuatu yang menghalangi atau menutupi diri yaitu berupa kain atau pakaian.
Dalam arti luas misal ketika pengajian dan acara di masjid yang memberikan kain pembatas antara jamaah laki - laki dan wanita itu juga disebut hijab. Pernah juga kan datang ke resepsi yang memisahkan undangan laki - laki dan wanita dengan membentangkan kain di tengah ruangan ? Nah itu juga disebut hijab.

Sedangkan mengenai jilbab, umumnya yang menjadi rujukan adalah Q.S Al Ahzaab Ayat 59

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Di ayat tersebut disebutkan Jilbab yang diulurkan ke seluruh tubuh. Jadi jilbab itu merujuk pada pakaian yang menutupi seluruh tubuh dari atas hingga bawah kecuali wajah dan telapak tangan menurut Al Qurthubi. (Tafsir Al Qurthubi, 14/107).

Sedangkan khimar biasanya disebutkan sebagai penutup kepala seperti yang dirujuk dalam Surat An Nuur ayat 31 dimana perintah untuk menutupkan kain kudung ke dada.

Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Jadi terlihat jelas perbedaannya antara khimar dan jilbab, dimana khimar adalah kain penutup kepala hingga dada sedangkan jilbab bukan hanya penutup kepala saja tetapi menutup seluruh tubuh dari atas hingga bawah kecuali wajah dan telapak tangan.

Lalu apa yang disebut kerudung ?
Pengertian kerudung bisa diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kain penutup kepala perempuan.
hinesia.blogspot.com
Kerudung

Kerudung ini lebih mirip merujuk kepada definisi khimar. Tetapi dalam kenyataannya kerudung ini hanya merujuk kepada penutup kepala baik menutupi seluruhnya atau sebagian saja seperti model ibu pejabat isitilahnya yang hanya menngunakan kain yang menutupi sebagian kepala saja.

0 Response to "Bingung Dengan Hijab, Jilbab, Kerudung Dan Khimar ?"

Posting Komentar